Laman

5 Hal Unik Yang Kamu Harus tahu Tentang Surabaya

Surabaya, ibukota dari Provinsi Jawa Timur ini memiliki julukan kota terbesar kedua setelah DKI Jakarta. Surabaya yang memiliki Walikota Ibu Tri Rismaharini yang telah menjabat dari 2010 ini telah membuat pembangunan kota yang begitu pesat sehingg menjadi salah satu barometer pertumbuhan ekonomi nasioanal. Surabaya juga sudah mulai eksis, bahkan ke mancanegara. Bagi kamu ingin pergi keluar negeri melalui Surabaya, Bandar Udara Juanda ini sudah termaksut Bandar Udara Internasional. Surabaya memiliki daya tarik sendiri untuk di jadikan tempat wisata. Sebelum kamu membuat rencana untuk pergi ke Surabaya, yuk cari tahu 5 hal unik yang kamu harus tahu  tentang Surabaya.

Asal-Usul kata “Surabaya”

yello hotels surabaya

Mungkin bagi sebagian kamu, bertanya apa sih arti dari kata Surabaya itu sendiri ? Kenapa Kota Surabaya ini memiliki lambang patung ikan Hiu dan Buaya ? Mari kita coba jelaskan rahasia ini. Dahulu kala kota Surabaya ini di ambil dari gabungan antara dua hewan tersebut yaitu hiu (ikan sura) dan buaya, menjadi Sura dan buaya, kemudian menjadi Surabaya. Dalam dialek Jawa, di ucapkan dengan cara Suro lan Boyo kemudian dilafalkan menjadi Suroboyo.

Kota Pahlawan

bung tomo

Ya, Surabaya ini terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan. Surabaya menjadi satu-satunya di dunia yang memiliki sebutan Kota Pahlawan dan hanya di Indonesia. Julukan Kota Pahlawan ini diberikan karena berkat adanya peristiwa bersejarah dan sangat heroik, yaitu pertempuran kota antara para pejuang Indonesia dan pasukan-pasukan sekutu yang ingin menjajah kembali Indonesia. Ribuan orang gugur dalam pertempuran perang singkat ini sebagai pahlawan. Karena peristiwa itu maka Surabaya mendapat julukan Kota Pahlawan.

Jembatan Suramadu

jembatan suramadu

Jembatan Suramadu ini juga sangat fenomenal, karena jembatan ini dapat membantu kamu jika ingin melanjutkan perjalanan ke pulau Madura menggunakan kendaraan bermotor dan tak perlu repot lagi menyebrang pulau menggunakan perahu yang sangat beresiko kecelakaan. Dan jembatan Suramadu ini adalah Jembatan terpanjang yang ada di Indonesia, jembatan ini memiliki panjang 5.438 dan jembatan ini diresmikan pada 20 Juni 2009.

Cak dan Ning


Disetiap daerah pasti memiliki panggilan untuk orang-orang di daerah tersebut. Surabaya juga memiliki panggilan khusus. Panggilan khusus sesama warga Surabaya yaitu panggilan arek atau rek. Selain itu Surabaya memiliki panggilan khas lain yaitu Cak  untuk laki-laki dan Ning untuk perempuan, sama seperti Abang dan None yang terdapat di Jakarta. Setiap satu tahun sekali Surabaya mengadakan kompetisi pemilihan Cak dan Ning Surabaya, para finalis akan di jadikan ikon generasi muda dan duta wisata untuk Kota Surabaya. Dan yang uniknya adalah untuk para finalis Ning Surabaya memiliki slogan “ Senggol Bacok” eits tenang dulu artinya tidak kejam dan galak tapi lebih bermaksut untuk menunjukkan karakter yang mandiri, tegas dan tangguh namun tetap feminin.

Makanan Khas Surabaya


Surabaya memiliki makanan khas dan sudah cukup popular. Mungkin bagi kalian tak asing dengar nama-nama makanan khas ini, seperti Rawon, Tahu Tek, Krengsengan, Rujak Cingur, Lontong Balap, Tahu campur. Yang sangat popular dari makanan khas Surabaya ini adalah rujak cingur dan lontong balap yang terbuat dari sayur tauge dan lontong saja.

Kota Seniman


Perlu yang kalian tahu bahwa Surabaya tidak hanya kota dagang dan industri, Surabaya juga menjadi kota Musisi, pasalnya banyak penyanyi dan grup music besar Indonesia berasal dari Kota ini, antara lain Dewa 19, Padi, Boomerang, Maia Estianty dan Joshua Suherman. Dan perlu kalian tahu juga, bahwa Grup Lawak Legendaris Srimulat yang melegenda juga lahir dari kota Surabaya.

Demikian 5 hal unik yang kamu harus tahu tentang Surabaya. Kamu punya rencana untuk pergi
ke kota pahlawan? Persiapkan liburanmu ke Kota ini dengan menginap di hotel bintang 3 Surabaya Yello Hotels yang terletak di jl. Raya Jemursari No. 176. Yello Hotels memiliki fasilitas yang cukup lengkap dengan harga terjangkau, untuk itu pastikan siapkan liburanmu dan jangan lupa memesan penginapan hanya di Yello Hotels.

Previous
Next Post »