Laman

Wisata Kalimantan Barat

Siapa yang tak mengenal dengan pulau Kalimantan,Khususnya Kalimantan Barat. Pulau yang menjadi perbatasan Negara Indonesia dengan Negara Malaysia. Provinsi yang memiliki ibukota bernama Pontianak ini merupakan provinsi terluas nomor empat setelah Papua, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Provinsi Kalimantan Barat ini yang juga memiliki julukkan “seribu sungai” karena sesuai dengan geografis Kalimantan Barat yang memiliki ratusan sungai besar maupun kecil yang masih dilayari. Kalimantan Barat ini memiliki pulau besar maupun kecil yang sebagian tidak berpenghuni yang tersebar di selat Karimata dan laut Natuna yang berbatasan langsung dengan kepulauan Riau. Provinsi yang terkenal dengan Suku Dayak-nya ini memiliki banyak hal unik khususnya pada alam Kalimantan Barat. Ingin berkunjung ke- Kalimantan Barat? Berikut beberapa daftar wisata alam yang bisa kalian nikmati selama di Kalimantan Barat :

1. Air Terjun Riam Meresap

air terjun meresap

Ingin merasakkan seperti berkunjung di Air Terjun Niagara? Jika kamu sedang berkunjung ke Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayan, taka da salahnya untuk bermain air di Air Terjun Riam Meresap. Air terjun ini merupakan hulu dari Sungai Sajingan. Air terjun ini memiliki ketinggian, setinggi 20 meter akan memanjakkan kalian dengan air yang jernih dan panorama keindahan dari alam ekosistem hutan hujan tropis.

2. Pantai Temajuk

Pantai Temajuk

Ingin merasakkan keindahan pantai yang berbatasan langsung antara Indonesia dengan Malaysia? Pantai yang terletak di desa terpencil, kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas ini memberikan pemandangan yang tak terlupakan. Pantai ini hanya berjarak 4 km saja dari Indonesia ke Malaysia. Kalian juga dapat mengabadikan momen berfoto dengan latar belakang bendera dua Negara di pantai Temajuk ini.

3. Bukit Kelam

Bukit kelam

Pernah melihat Ayers Rock Australia ? Atau kamu belum bisa berkunjung kesana ? Tak usah bersedih hati, ternyata di Indonesia juga memiliki pemandangan seperti Ayers Rock Australia loh. Datang saja ke Bukit Kelam yang terdapat di kabupaten Sintang. Batu yang terdapat di Bukit Kelam ini merupakan batuan monolid terbesar di dunia dan mengalahkan Ayers Rock Australia yang merupakan warisan yang di akui oleh UNESCO. Tak Hanya itu saja batu ini terletak di antara dua sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Ingin berkunjung ke Bukit Kelam? Kamu dapat menempuh perjalanan darat selama 9 jam dari Pontianak.

4. Taman Nasional Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum

Jalan-jalan ke Pontianak, ibukota Provinsi dari Kalimantan Barat tak ada salahnya untuk mencoba berkunung ke Taman Nasional Danu Sentarum. Taman Nasional Danau Sentarum ini menjadi taman nasional yang melindungi keanekaragaman hayati danau sentarum. Taman nasional ini terletak di Kabupaten Kapuas Hulu. Taman nasional ini diresmikan pada tahun 1999. Taman Nasional Danau Sentarum termaksut danau penampung air hujan. Jika musim penghujan air danau ini akan pasang dan menggenangi pepohonan di taman ini. Saat musim kemarau, danau ini akan mengering dan menjadi hamparan sabana. Jika kamu ingin berkunjung ke Taman Nasional ini bisa di tempuh dengan perjalanan darat selama satu hari dari Pontianak dan hanya 45 menit melalui jalur udara.

5. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas

Siapa yang tak mengenal Sungai Kapuas? Sungai yang terkenal karena menjadi sungai terpanjang di Indonesia ini memiliki panjang 1.143 meter dan merupakan nadi dari kehidupan rakyat Kalimantan Barat. Di sungai ini terdapat 700 jenis ikan, dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan hamper punah. Ada beberapa kegiatan di sungai ini seperti Wisata Sungai Kapuas, festival kapal hias, Kalbar regatta dan masih banyak lagi. Ingin menjelajahi sungai ini ? Bisa menggunakan kapal wisata selama 45 menit dari kota Pontianak. Jika, kalian memiliki rencana untuk berkunjung ke kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat tak ada salahnya untuk mempersiapkan liburan dan penginapan kalian di hotel Pontianak, dengan fasilitas yang lengkap dan layanan yang pastinya akan membuat liburan kalian berkesan. Itu tadi beberapa destinasi wisata di Kalimantan Barat, semoga bisa menjadi rekomendasi liburan kalian.

Jika, kalian memiliki rencana untuk berkunjung ke kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat tak ada salahnya untuk mempersiapkan liburan dan penginapan kalian di hotel Pontianak, dengan fasilitas yang lengkap dan layanan yang pastinya akan membuat liburan kalian berkesan. Itu tadi beberapa destinasi wisata di Kalimantan Barat, semoga bisa menjadi rekomendasi liburan kalian.

Previous
Next Post »